PENGGUNAAN APLIKASI PADLET PADA PENILAIAN AUTENTIK MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMP N 244

Penulis

  • Purwidi Sumaryanto SMP N 244 JAKARTA

Kata Kunci:

Belajar dari rumah, Aplikasi padlet, Penilaian autentik

Abstrak

Pandemi covid-19 berdampak pada pembelajaran jarak jauh, guru harus mampu memilih media penilaian yang sesuai dan mudah dilaksanakan. Best practice ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan aplikasi padlet pada penilaian autentik mata pelajaran matematika. Best practice merupakan pengalaman terbaik saya dalam melaksanakan kegiatan penilaian autentik di SMPN 244 pada pelajaran matematika pada saat belajar dari rumah. Semua tugas, latihan dan fortopolio dapat terkumpul dan dapat dinilai dengan baik karena terdokumentasi dengan baik. Kelas Penelitian yang digunakan adalah kelas 9 G dengan jumlah siswa 35 siswa. Dapat diambil kesimpulan sebanyak 25 siswa lengkap mengumpulkan tugas, latihan dan karya dengan baik, 8 siswa mengumpulkan tidak lengkap dan 2 siswa hanya beberapa kali mengumpulkan. Sehingga penggunaan aplikasi padlet dalam penilaian autentik dapat membantu guru dalam melaksanakan kegiatan penilaian autentik.

Referensi

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2008. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Hartanto, Wiwin. 2015.

“Penggunaan ELearning sebagai Media Pembelajaran”. Jurnal. Jember: FKIP UNEJ.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. Panduan Pembelajaran Jarak Jauh bagi Guru Selama Sekolah Tutup dan Pandemi Covid-19 dengan Semangat Merdeka Belajar. Jakarta:

Kemendikbud. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020.

Pedoman Pelaksanaan Belajar dari Rumah Selama Darurat Bencana Covid19 di Indonesia. Jakarta:

Kemendikbud. Pembelajaran Digital. Bandung: Alfabeta. Safrizal dkk. 2020. Pedoman Umum Menghadapi Pandemi Covid-19 bagi Pemerintah Daerah. Jakarta

https://youtu.be/gAw8osESVqU

Unduhan

Diterbitkan

2023-03-17